cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Batikan UH III/1043 Kota Yogyakarta 55167
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora
ISSN : 2443180X     EISSN : 25794728     DOI : https://doi.org/10.30738
SOSIOHUMANIORA berisi artikel tentang gagasan konsep, teori, kajian dan hasil penelitian dari berbagai bidang yang berkaitan dengan sosial, budaya dan pendidikan dari para peneliti, praktisi serta hasil karya tugas akhir mahasiswa yang memenuhi persyaratan.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2019)" : 11 Documents clear
KONTRIBUSI KOMUNIKASI INTEPERSONAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KOMITMEN ORGANISASI SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU Ngatinah Ngatinah; Agustina Sri Purnami
SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 5 No 1 (2019)
Publisher : LP2M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (141.44 KB) | DOI: 10.30738/sosio.v5i1.4049

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kontribusi komunikasi intepersonal, kecerdasan emosional dan komitmen organisasi sekolah terhadap kinerja guru dalam perspektif pembinaan guru SD Negeri Se - kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo secara parsial maupun secara bersama-sama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah komunikasi intepersonal, kecerdasan emosional, omitmen organisasi sekolah dan kinerja guru. Penelitian ini dilaksanakan pada SD Negeri Se - kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri Se - kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo dengan ukuran populasi 200 orang. Besarnya sampel ditentukan berdasarkan tabel penentuan jumlah sampel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael untuk taraf kesalahan 5% yaitu 127 orang. Penetapan sampel dalam penelitian ini berdasarkan teknik proportional random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisa regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi intepersonal, kecerdasan emosional dan komitmen organisasi sekolah berkontribusi positif dan signifikan terhadap kinerja guru dalam perspektif pembinaan guru SD Negeri Se - kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo baik secara parsial maupun secara simultan.                                    Kata Kunci:    kinerja guru, komunikasi intepersonal, kecerdasan emosional, komitmen organisasi sekolah.
HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DAN KECEMASAN SISWA TERHADAP ULANGAN HARIAN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI PROVINSI D. I. YOGYAKARTA Tourmalina Judaniastuti
SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 5 No 1 (2019)
Publisher : LP2M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.221 KB) | DOI: 10.30738/sosio.v5i1.4072

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara regulasi diri dalam belajar dan kecemasan siswa dalam menghadapi ulangan harian pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Provinsi D. I.  Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi SMK Nasional di Bantul tahun ajaran 2017/2018 dan sampel penelitian sebanyak 138 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi Product Moment. Hipotesis penelitian adalah ada hubungan megatif antara regulasi diri dalam belajar dan kecemasan siswa dalam menghadapi ulangan harian pada siswa SMK di Provinsi D. I. Yogyakarta. Hasil uji coba Skala Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ulangan Harian koefisien reliabilitasnya adalah 0,833. Koefisien reliabilitas Skala Regulasi Diri dalam Belajar adalah 0,843. Hipotesis  diterima dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,257 dengan p < 0,01.  
IMPLEMENTASI TRINGA TAMANSISWA DALAM MANAJEMEN SDM UNTUK KEMAJUAN SEKOLAH Tri Indarti
SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 5 No 1 (2019)
Publisher : LP2M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.34 KB) | DOI: 10.30738/sosio.v5i1.4048

Abstract

Tujuan Penelitian menganalisis dan mengetahui implementasi konsep Tringa yaitu Ngerti, Ngrasa, dan Nglakoni, Mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi Tringa, Mengetahui dampak SDM dan kemajuan sekolah dalam mengimplementasikan konsep Tringa Tamansiswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Analisa data menggunakan teknik kualitatif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Implementasi Tringa meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sudah cukup optimal. Faktor pendukung sarana dan prasarana: lingkungan sekolah yang nyaman, ruang kelas yang rapi dan bersih. Faktor sumber daya manusia, faktor guru yang memadai dan  kualifikasi siswa yang bagus sehingga dalam pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar. Faktor penghambat yaitu, mengalami kendala waktu pembelajaran yang kurang maksimal, kurang fokusnya siswa dalam belajar tetapi perlahan sudah teratasi. Hasil implementasi Tringa cukup baik. Tercermin dari tumbuhnya semangat belajar kalangan siswa, banyaknya prestasi yang diperoleh dalam lomba baik akademik maupun non akademikKata Kunci: Tringa, Manajemen SDM, KemajuanAbstarct:The research objectives Analyzing and knowing the implementation of the Tringa concept, namely Ngerti, Ngrasa, and Nglakoni, Knowing the supporting and inhibiting factors of Tringa implementation, Knowing the impact of HR and the progress of the school in implementing the Tringa Tamansiswa concept. This type of research is qualitative research. Data analysis using qualitative techniques include data collection, data reduction, data presentation, conclusion drawing. Tringa's implementation includes planning, organizing, implementing, and monitoring is quite optimal. Supporting factors for facilities and infrastructure: a comfortable school environment, neat and clean classrooms. Factors of human resources, adequate teacher factors and good student qualifications so that the implementation can run smoothly. The inhibiting factor is that the learning time constraints are not maximal, the students lack focus in learning but slowly are overcome. The results of the implementation of Tringa are quite good. Reflected by the growing enthusiasm of learning among students, the many achievements obtained in competitions both academic and non-academicKeywords: Tringa, Management SDM,progress
PENGARUH MEDIA KOMIK SAINS BERBASIS KARAKTER TERHADAP MINAT BACA DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN IPA Ani Widyawati; Astuti Wijayanti
SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 5 No 1 (2019)
Publisher : LP2M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.26 KB) | DOI: 10.30738/sosio.v5i1.3075

Abstract

This research is a quasi-experimental type Nonequivalent Control Group Design which aims to determine the effect of the use of learning media in the form of character-based science comics on reading interest and learning outcomes of science education program students in science 2 subjects. This study uses learning media containing science material integrated with character education in it is very necessary for the present and future eras. This is in line with the 2013 revised curriculum demands of 2017 which aim to build the 2045 generation with strong character, possess 21st-century skills with HOTS assessment, and literacy. Data collection techniques using questionnaires and tests. The results of this study indicate that there is a significant influence on the use of comic media in learning in science courses 2 addictive and psychotropic substances on learning outcomes and student interest in reading. This is evidenced by the results of the significance of the "t" test for post-testing learning outcomes and reading interest between the experimental class and the control class valued at 0,000 or less than 0.05 (α). The results of the gain test which shows that the difference in posttest learning outcomes of natural science students in Natural Sciences 2 course is in the high category while for reading interest is in the medium category.
KONSTRUKSI GENDER MELALUI PENGGAMBARAN ALAM DALAM PUISI POST SCRIPTUM KARYA TOETY HERATY DAN THE SNAKE CHARMER KARYA SAROJINI NAIDU Syaiful Qadar Basri
SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 5 No 1 (2019)
Publisher : LP2M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.141 KB) | DOI: 10.30738/sosio.v5i1.2861

Abstract

Abstrak            Perempuan dianggap memiliki hubungan spesial dengan alam. Hubungan spesial tersebut dapat dilihat dalam kata Ibu Pertiwi. Kata Pertiwi memiliki arti Bumi dan disandingkan dengan kata Ibu sebagai sebuah ungkapan yang menunjukkan perempuan sering dikaitkan dengan alam. Kedekatan tersebut dapat dianggap sebagai sebuah anugerah sekaligus bentuk stereotip. Tulisan ini menganalisis dua puisi Post Scriptum karya Toety Heraty dan The Snake Charmer karya Sarojini Naidu. Melalui dua karya tersebut, penulis akan melihat bagaimana perempuan dikaitkan dengan alam melalui representasi alam, sehingga dapat menjawab apakah kedekatan perempuan dan alam merupakan konstruksi sosial ataukah bentuk yang seharusnya disyukuri. Dari hasil analisis, peneliti menemukan bahwa hubungan perempuan dan alam dalam puisi Post Scriptum merupakan hal yang tidak patut untuk dirayakan. Pengaitan alam dan perempuan menunjukkan adanya operasi kuasa niliai-nilai sosial (Cultural Ecofeminism). Sedangkan pada puisi The Snake Charmer, peneliti menemukan bahwa hubungan alam dan perempuan merupakan hal istimewa yang menunjukkan keagungan dan kesucian perempuan (Essentialism Ecofeminism). Dalam konteks ini, analisis kedua puisi dikaitkan dengan konteks budaya yang melatarbelakangi penulisan karya.Kata Kunci: Ecofeminisme, Gender
STUDI ECOCRITICISM DALAM FILM DORAEMON & NOBITA AND THE GREEN GIANT LEGEND KARYA AYUMU WATANABE Syaiful Qadar Basri
SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 5 No 1 (2019)
Publisher : LP2M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.24 KB) | DOI: 10.30738/sosio.v5i1.2862

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk ecocriticism yang direpresentasikan dalam penggambaran alam di film Doraemon & Nobita and the Green Giant Legend. Berikutnya penelitin berusaha mengetahui perspektif yang dimiliki oleh tokoh yang ada dalam film Doraemon & Nobita and the Green Giant Legend. Tokoh mana yang termasuk ke dalam ecocentric dan tokoh mana yang termasuk anthropocentric.metod yang digunkan metode kulaitatif.Pada metode pengumpulan data, penulis memutuskan untuk memilih film Doraemon & Nobita and the Green Giant Legend karya Ayumu Watanabe, karena film tersebut adalah salah satu film yang mengandung wacana ecocriticism. Untuk itulah pemilihan film Doraemon & Nobita and the Green Giant Legend ini menjadi data primer untuk kemudian akan dikaji secara lebih mendalam. Selanjutnya, film tersebut dikaji dengan menggunakan ecocriticism dengan mengupas sebuah kritik terhadap film tersebut untuk menemukan hasil dan pembahasan baru yang terkandung di dalamnya. Ayumu Watanabe mengangkat isu ini ke dalam film sebagai bentuk kritik atas apa yang telah dia lihat dan saksikan pada apa yang terjadi pada bumi, yaitu pembalakan liar, pembakaran hutan, pembuangan sampah, dan lain sebagainya. diharapkan dengan adanya pengkajian mengenai film yang mengangkat isu ini, masyarakat lebih menyadari dan memahami bahwa alam adalah satu-satunya sumber kehidupan seluruh makhluk hidup yang ada di bumi. 
GOTRI NOGOSARI AS LEARNING MATHEMATICS MEDIA Eka Fitria Ningsih
SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 5 No 1 (2019)
Publisher : LP2M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.822 KB) | DOI: 10.30738/sosio.v5i1.3709

Abstract

Sebagai negara yang kaya dengan budaya penting mengintegrasikan budaya dengan pembelajaran matematika di kelas. Pembelajaran matematika yang selama ini digunakan cenderung terpisah antara matematika praktik dan teori sehingga kebermaknaannya tidak ada. Penelitian termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pada penelitian ini mengkaji tentang pembelajaran matematika dengan pendekatan etnomatematika pada permainan tradisional gotri nogosari. Hasil penelitian menunjukan bahwa matematika yang terkandung dalam permainan ini adalah tentang pembagian dan pecahan. Selain pada ranah koginitif pembelajaran matematika dengan pendekatan budaya dapat mengembangkan ranah afektif yaitu kedisiplinan.
ANALISIS LAYANAN AKADEMIK MAHASISWA FKIP UST YOGYAKARTA Irham Taufiq; Esti Harini; Denik Agustito
SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 5 No 1 (2019)
Publisher : LP2M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (112.884 KB) | DOI: 10.30738/sosio.v5i1.3345

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui beberapa masalah kepuasan layanan akademik mahasiswa FKIP UST. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa FKIP UST semester VII tahun akademik 2018/2019. Sampel diambil 10% dari populasi tersebut. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif melalui observasi populatif dari mahasiswa FKIP UST. Angket kepuasan layanan akademik mahasiswa FKIP UST ini layak digunakan. Kelayakan dapat dillihat dari hasil validasi materi. Validasi materi dilakukan oleh ahli materi yaitu Dekan FKIP, dan dua orang Kaprodi. Skor rata-rata untuk materi yaitu 4,76 dan masuk dalam kriteria sangat baik. Kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan data mengenai hal tersebut adalah membuat angket dan meminta kepada mahasiswa angkatan 2015 untuk mengisi angket tersebut. Adapun hasilnya adalah Kecenderungan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas layanan di FKIP UST adalah dalam kategori cukup puas. Sedangkan kecenderungan tingkat kepuasan untuk masing masing aspek, 5 aspek dalam kategori cukup puas dan 1 dimensi dalam kateogori puas.
PRESIDEN DALAM ANALISA WACANA KRITIS PADA LAGU IWAN FALS MANUSIA SETENGAH DEWA Puji Dwi Darmoko
SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 5 No 1 (2019)
Publisher : LP2M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.395 KB) | DOI: 10.30738/sosio.v5i1.3657

Abstract

Musik merupakan sarana budaya yang hadir dalam masyarakat sebagai konstruksi dari realitas sosial yang dituangkan dalam bentuk lirik lagu. Pesan atau ide yang disampaikan melalui musik atau lagu biasanya memiliki keterkaitan dengan konteks historis. Muatan lagu tidak hanya sebuah gagasan untuk menghibur, tetapi memiliki pesan-pesan moral atau idealisme dan sekaligus memiliki kekuatan ekonomis. Salah satu musikus Indonesia, Iwan Fals merupakan salah satu sosok yang cukup konsisten dalam perjuangan menggugat pemerintah. Kritik-kritik pedas dan lugas selalu dilontarkan dalam setiap karyanya. Beberapa lagu itu bahkan bisa dikategorikan terlalu keras pada masanya, diantaranya adalah lagu Manusia Sengah Dewa. Tulisan ini bermaksud membedah salah satu lagu yang berkesan begitu dalam menumpahkan harapan pada seorang presiden, yaitu lirik lagu “Manusia setengah Dewa” tersebut melalui analisa wacana kritis
MANAJEMEN LABORATORIUM SENI, BUDAYA, DAN FILM DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH BERBASIS BUDAYA Nur Rohmah Handayani
SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 5 No 1 (2019)
Publisher : LP2M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.207 KB) | DOI: 10.30738/sosio.v5i1.4046

Abstract

Tujuan penelitian ini meliputi: (1) Mengetahui manajemen laboratorium seni budaya dan film dalam mewujudkan sekolah berbasis budaya di SMA Negeri 2 Wates Kulon Progo yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan; (2) Mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat manajemen laboratorium seni budaya dan film di SMA Negeri 2 Wates Kulon Progo; dan (3) Mengetahui wujud budaya dengan penerapan manajemen laboratorium seni budaya dan film di SMA Negeri 2 Wates Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Wates Kulon Progo. Informan penelitian meliputi kepala sekolah, kepala laboratorium, guru, komite sekolah, orang tua siswa dan siswa SMA Negeri 2 Wates. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Manajemen laboratorium seni budaya dan film dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan maupun pengawasan dalam mewujudkan sekolah berbasis budaya di SMA Negeri 2 Wates Kulon Progo sudah cukup optimal. (2) Faktor-faktor yang mendukung manajemen laboratorium seni budaya dan film di SMA Negeri 2 Wates meliputi: ketersediaan sarana prasarana, ketersediaan tenaga pendidik dan kependidikan, dan ketersediaan dana yang memadai. Faktor-faktor penghambat meliputi: belum tersedianya tenaga laboran. (3) Wujud budaya dengan penerapan manajemen laboratorium seni budaya dan film di SMA Negeri 2 Wates Kulon Progo adalah adanya peningkatan pelestarian seni dan budaya melalui manajemen laboratorium seni budaya dan film di SMA Negeri 2 Wates.Kata kunci: manajemen laboratorium, sekolah berbasis budaya

Page 1 of 2 | Total Record : 11